ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Kenapa Anak-Anak Tidak Boleh Berkunjung ke Rumah Sakit?

alasan anak-anak tidak boleh berkunjung ke rumah sakit

Larangan berkunjung bagi anak-anak berlaku disetiap rumah sakit . Aturan ini mudah dilaksanakan di ruang biasa tetapi sukar di VIP. Mudah di ruang biasa karena keluarga pasien menyadari bahwa tarifnya murah, sebaliknya aneh di VIP karena mereka membayar mahal. Adakalanya rumah sakit terpaksa melanggar aturan itu dan si anak memasuki sarang penyakit atas kehendak orang tuanya.

Penyakit itu adalah infeksi nosokomial atau infeksi karena penyakit (=nosos) dari rumah sakit (=komeo).

Infeksi adalah penyakit karena kuman pathogen (penyebab penyakit ) masuk ke dalam tubuh. Mereka adalah sebagian kecil dari kuman yang hidup di tubuh manusia. Mayoritas kuman dapat dilumpuhkan oleh pertahanan tubuh atau membantu fungsi tubuh misalnya kuman pembusuk di usus.

Resiko terhadap infeksi dapat endogen dari tubuh sendiri seperti anak-anak dan manula sedangkan eksogen dari luar oleh kuman pathogen.

Rumah sakit kaya dengan kuman pathogen yang canggih. Mereka adalah kuman yang sudah kebal (resisten) terhadap antibiotika karena memang sudah terbiasa menghadapinya.  Antibiotika sendiri adalah obat yang digunakan untuk menumpas kuman pathogen.

Di rumah sakit kuman dapat dibawa oleh pengunjung, pasien di poliklinik, dokter yang flu, alat kedokteran, sampah kedokteran dlsb. Mereka akan menyerang pasien ataupun pengunjung dari segala arah. Ia bisa langsung seperti ketika bersalaman ataupun tidak langsung ketika menggunakan toilet ruang rawat. Ia juga bisa menyerang dari udara yang membawa kuman dari dahak; dari nyamun atau serangga penular penyakit dlsb.

Kesimpulan

Menyadari hal ini berbagai upaya dilakukan oleh rumah sakit untuk menanggulanginya. Isolasi pasien dengan penyakit yang sangat menular; sterilisasi alat kedokteran, pembatasan jam kunjungan, kebersihan, larangan anak-anak mengunjungi pasien, pengelolaan limbah dlsb.

Upaya ini akan mengurangi komunitas kuman pathogen hingga pengunjung dapat menangkis serangan itu, kecuali yang rendah kekebalannya. Mereka adalah anak-anak, manula, ataupun siapa saja menderita immunodefisiency seperi AIDS.

ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Kenali Masalah Pertumbuhan Gigi Bungsu

Gigi bungsu adalah gigi geraham yang tumbuh paling ahir dari gigi-gigi lainnya. Gigi bungsu mulai tumbuh pada masa akhir remaja di mulai umur 17...
ahmadhidayat.com
1 min read

Penyebab Nafas Bau Saat Bangun Tidur

Bau napas tidak Sedap atau yang di kenal dengan sebutan halitosis biasanya terjadi karena kondisi mulut yang tidak higienis atau masalah pada lambung. Penyebab...
ahmadhidayat.com
1 min read

3 Cara Mengatasi Bau Mulut

Apa Kareba sahaba’ Daeng, Kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara mengatasi bau mulut? Tentu hal yang sangat menjengkelkan ketika sudah berdandan cantik...
ahmadhidayat.com
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *