ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Lima Tips Jalan-jalan di dalam Negeri

Lima Tips Jalan jalan di dalam negeri
Dokumentasi Pribadi: Nge teh di Malino Highland 

Sahabat Ahmad, kali ini aku akan share lima tips jalan-jalan di dalam negeri yang bisa sahabat gunakan ketika hendak melakukan liburan di dalam negeri saja. Kok cuma dalam negeri? Sebagai warga negara bangsa, kita harus mendahulukan negeri sebelum luar negeri, betul kan sahabat?

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata menarik.  Mulai arsitektur hingga gastronomi, wisata bawah laut hingga budaya, negeri ini memiliki semuanya. Namun dengan banyaknya pilihan, terkadang kita menjadi sulit memilih daerah mana yang akan dituju untuk menghabiskan liburan akhir pekan atau cuti tahunan. Nah, sebelum memutuskan untuk jalan-jalan ke Pantai Bira atau destinasi lainnya, berikut adalah lima tips penting untuk jalan-jalan di dalam negeri.

1. Tentukan tujuan destinasi anda

Cari destinasi dengan menyesuaikan minat, waktu yang dimiliki dan dana yang telah dianggarkan. Penggemar selam yang memiliki waktu diatas satu minggu dan dana cukup misalnya, dapat memilih Maratua sebagai tujuan, sementara jika waktu terbatas dan dana minim kamu dapat menyelam di pulau Seribu.

2. Pilih momen yang pas

Baik destinasi alam maupun budaya, ada momen tertentu dimana kamu akan mendapatkan pengalaman lebih jika berkunjung di waktu-waktu khusus. Contoh: berkunjung ke kota Bulukumba  bulan Juli-Agustus untuk melihat pembuatan kapal Pinisi dan menikmati pasir putih nan halus di Bira.

3. Pertimbangkan sarana transportasi

Pesawat udara, kereta api, bis, atau bahkan roadtrip dengan kendaraan pribadi, pilih sesuai dengan jarak, waktu yang dimiliki dan kenyamanan yang diinginkan. Road trip ke Sulawesi khusunya Bulukumba cukup menantang, sementara daytrip ke Bandung menggunakan kereta api juga menarik untuk dilakukan. Punya waktu seminggu dan ingin melakukan roadtrip ke Bali? pikir-pikir dulu ya!

4. Sendiri, bersama teman, atau ikut tur? 

Pergi sendiri mengunjungi tempat baru akan memberikan perspektif dan pengalaman berbeda sekaligus melatih kemandirian, sementara dengan berwisata bersama teman atau tur kecil kamu akan memiliki kawan untuk berdiskusi dan berbagi biaya (minimal transportasi dan akomodasi).  Mana yang lebih baik? Hanya kamu yang tahu jawabannya.

5. Sesuaikan barang bawaan dengan destinasi tujuan

Pilihan pakaian, tas yang akan digunakan, hingga obat-obatan pribadi sebaiknya diperhatikan dengan baik. Membawa koper beroda untuk mendaki Rinjani atau mengenakan sepatu kulit saat berwisata ke Krakatau tentu bukan pilihan bijak, kan?

Nah, itu tadi lima tips jalan-jalan di dalam negeri, semoga apa yang sahabat baca bisa bermanfaat ketika hendak bepergian untuk mengunjungi destinasi yang ada di negeri yang kita cintai ini.

ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Berkhalwat dengan Laptop

Berkhalwat dengan Laptop – Tidak ada pengaruh bila seorang penulis duduk di kafe maupun trotoar; dalam keadaan ramai maupun sepi, ketika dia berdua dengan...
ahmadhidayat.com
1 min read

Penyebab Nafas Bau Saat Bangun Tidur

Bau napas tidak Sedap atau yang di kenal dengan sebutan halitosis biasanya terjadi karena kondisi mulut yang tidak higienis atau masalah pada lambung. Penyebab...
ahmadhidayat.com
1 min read

3 Cara Mengatasi Bau Mulut

Apa Kareba sahaba’ Daeng, Kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara mengatasi bau mulut? Tentu hal yang sangat menjengkelkan ketika sudah berdandan cantik...
ahmadhidayat.com
1 min read

0 Replies to “Lima Tips Jalan-jalan di dalam Negeri”

  1. Dan,,,,jangan lupa untuk membawa uang lebih, siapa tahu…nanti ditempat tujuan ada yang mau di borong, heheheh…… 🙂 utamakan nebeng dan ikut tur, supaya lebih rame dan seru, heheheh…. 🙂

  2. Menurut saya sih jalan-jalan bisa kita mulai dari tempat-tempat asyik yang dekat dengan kita dulu. Itu murah dan mudah direalisasikan.
    Selanjutnya ketika ada kesempatan dan juga ada sedikit dana berlebih, bolehlah digunakan untuk wisata yang agak jauhan dikit. Hehe.

    yang penting happy, Mas Ahmad. 😀

    Salam

  3. Saya baru sekali traveling ke Aceh, itupun dari lomba blog, ternyata kelima tips diatas bermanfaat sekali, sehingga persiapan traveling pun menjadi lebih matang.

    BTW, mohon dukungannya untuk komen di artikel saya judulnya QLAPA, GUDANGNYA PRODUK HANDMADE LOKAL UNIIK DAN KREATIF. Makasih sebelumnya pak Ahmad…. Sukses terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *