ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Penyebab Penyakit Kanker

Penyebab Penyakit Kanker

Penyebab kanker adalah sangat banyak. Terdapat kira-kira 200 tipe kanker yang bisa muncul pada jenis jaringan tubuh apa saja. Tipe kanker yang mempengaruhi satu jaringan tubuh mungkin tidak mempengaruhi jaringan lain. Contohnya asap rokok yang dapat mengakibatkan kanker paru. Paparan matahari yang berlebihan pada kulit dapat mengakibatkan melanoma atau kanker kulit di daerah kaki. Tapi, matahari tidak akan menyebabkan kanker paru dan merokok tidak mengakibatkan melanoma.

Selain penyakit infeksi, penyebab kebanyakan penyakit adalah multifaktorial. Tak terkecuali kanker. Multifaktorial berarti terdapat banyak faktor yang terlibat. Dengan kata lain, tidak ada penyebab tunggal untuk satu tipe kanker tertentu.

Kanker yang disebabkan oleh zat/bahan tertentu (Karsinogen)

Karsinogen merupakan sesuatu yang dapat memicu terjadinya kanker. Asap rokok merupakan karsinogen yang sangat kuat. Meskipun, tidak semua orang yang merokok menderita kanker paru. Karenanya, mesti ada faktor lain yang bekerja sebagaimana halnya karsinogen.

Usia

Kebanyakan kanker ditemukan pada usia tua. Ini karena perubahan yang menjadikan sel menjadi kanker pada kali pertama membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang. Terdapat sejumlah perubahan pada gen dalam sel sebelum berubah menjadi sel kanker. Perubahan ini bisa terjadi secara tak sengaja saat sel berpisah. Atau bisa karena sel sudah rusak oleh karsinogen dan kerusakan kemudian diteruskan ke sel anak saat sel tersebut berpisah. Semakin lama kita hidup semakin lama waktu untuk gangguan genetik terjadi pada sel kita.

Perubahan genetik

Mesti terdapat sejumlah mutasi genetik dalam sel sebelum bisa menjadi kanker. Terkadang seseorang sudah terlahir dengan mutasi gen ini. Ini tidak berarti bahwa dia akan menderita kanker. Akan tetapi, dengan satu mutasi di awal membuat dia jadi lebih mudah secara statistik mendapatkan kanker selama hidupnya. Dokter menyebut ini sebagai predisposisi genetik.

Contoh predisposisi genetik (genetic predisposition) adalah gen kanker payudara BRCA 1 dan BRCA2. Perempuan yang membawa satu dari gen ‘gagal’ ini kebanyakan menderita kanker payudara. Jadi meskipun wanita yang memiliki gen ini cenderung untuk mendapat kanker payudara, kebanyakan kanker payudara tidak disebabkan oleh gen gagal yang diturunkan.

Ini sesuai dengan kanker pada umumnya dimana beberapa orang memiliki faktor predisposisi genetik, contohnya kanker kolon (colon cancer).

Sistem Imun

Orang yang memiliki masalah dengan sistem imunnya sepertinya cenderung untuk mendapatkan kanker. Ini termasuk kelompok orang yang:

  • Mendapatkan transplantasi organ dan meminum obat untuk menekan sistem imunnya agar penolakan organ tidak terjadi.
  • Memiliki HIV atau AIDS.
  • Terlahir dengan syndrome medis yang jarang, yang mempengaruhi sistem imunnya.

Kelompok yang dipengaruhi oleh tipe kanker ini jatuh dalam dua kelompok:

  • Kanker yang disebabkan oleh virus, seperti kanker serviks (cervical cancer) dan kanker genital atau daerah anal lainnya, beberapa limfoma, kanker hari dan kanker lambung.
  • Limfoma (lymphomas).

Infeksi kronis atau transplantasi organ dapat terus memicu sel untuk berpisah. Pemisahan sel yang terus menerus ini berarti bahwa sel imun berkembang menjadi gen gagal dan berkembang menjadi limfoma.

Berat badan, diet dan aktivitas fisik

Ahli kanker memperkirakan bahwa menjaga berat badan, membuat perubahan terhadap diet kita dan melakukan aktivitas fisik rutin dapat mencegah kira-kira satu dari tiga orang meninggal karena kanker di Inggris. Di negara barat, orang sering mengonsumsi daging merah dan yang diproses serta kurang konsumsi buah segar dan sayur. Tipe diet seperti ini diketahui dapat meningkatkan resiko terkena kanker. Minum alkohol dapat pula meningkatkan resiko berkembangnya beberapa jenis kanker.

Kadangkala makanan dan aditif makanan (food addictives) disalahkan karena secara langsung mengakibatkan kanker dan digambarkan sebagai karsinogen. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena kadangkala suatu makanan ditemukan mengandung zat yang dapat menyebabkan kanker akan tetapi kandungannya dalam jumlah kecil sehingga tidak akan cukup untuk bisa menimbulkan kerusakan. Bahkan beberapa zat aditif dapat membantu melindungi kita.

Lingkungan sehari-hari

Ini berarti hal-hal disekitar kita sehari-hari yang bisa menyebabkan kanker seperti:

  • Asap tembakau
  • Matahari
  • Radiasi alam dan radiasi buatan
  • Bahan berbahaya di tempat kerja
  • Asbestos

Beberapa faktor ini ada yang bisa dihindari dan ada yang tidak. Kebanyakan merupakan faktor pendukung untuk mengakibatkan kanker.

Virus

Virus dapat membantu terjadinya kanker.Akan tetapi ini tidak berarti bahwa kanker dapat ditemukan seperti halnya infeksi. Yang terjadi adalah virus dapat menyebabkan perubahan genetik dalam sel yang membuatnya berubah menjadi kanker.

Kanker dan virus ini dihubungkan dengan :

  • Kanker serviks (cervical cancer), kanker lainnya di daerah anal dan genital, serta human papilloma virus (HPV)
  • Kanker hati primer dan virus hepatitis B dan C
  • Limfoma (lymphomas) dan virus Epstein-Barr
  • Leukemia sel T pada orang dewasa dan virus leukemia sel T
  • HPV juga mungkin memicu kanker orofaringeal (oropharyngeal cancer) dan kanker kulit non melanoma pada beberapa orang.

Infeksi dapat meningkatkan resiko terkena kanker tertentu.

Infeksi bakteri

Penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang memiliki infeksi bakteri di lambung seperti helicobacter pilory akan berkembang menjadi inflamasi di lapisan lambung yang akan meningkatkan resiko kanker kanker lambung. Infeksi Helicobacter pylori dapat diatasi dengan kombinasi antibiotik.

ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Kenali Masalah Pertumbuhan Gigi Bungsu

Gigi bungsu adalah gigi geraham yang tumbuh paling ahir dari gigi-gigi lainnya. Gigi bungsu mulai tumbuh pada masa akhir remaja di mulai umur 17...
ahmadhidayat.com
1 min read

Penyebab Nafas Bau Saat Bangun Tidur

Bau napas tidak Sedap atau yang di kenal dengan sebutan halitosis biasanya terjadi karena kondisi mulut yang tidak higienis atau masalah pada lambung. Penyebab...
ahmadhidayat.com
1 min read

3 Cara Mengatasi Bau Mulut

Apa Kareba sahaba’ Daeng, Kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara mengatasi bau mulut? Tentu hal yang sangat menjengkelkan ketika sudah berdandan cantik...
ahmadhidayat.com
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *