ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Respon Tubuh Terhadap Infeksi

Tubuh kita memiliki kemampuan alami untuk melawan infeksi atau mikroba yang menyerang tubuh. Kemampuan itu disebut sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Sistem imun (imunitas) adalah suatu sistem dimana beberapa sel, jaringan, dan organ bekerja sama untuk mempertahankan tubuh terhadap serangan benda asing, terutama mikroorganisme seperti bakteri , virus, parasit, jamur, yang dapat menyebabkan infeksi.
Sistem imun ini sangat penting untuk kelangsungan hidup suatu individu. Berikut beberapa fungsi dari sistem imun, antara lain :
  1. Melindungi tubuh dari invasi penyebab penyakit
  2. Menghancurkan dan menghilangkan mikroorganisme atau substansi asing yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Menghilangkan jaringan atau sel yang mati atau rusak untuk perbaikan jaringan.
  4. Mengenali dan menghialangkan sel yang abnormal.

Sistem imun dapat dibagi menjadi dua, yaitu sistem imun nonspesifik (natural/bawaan) dan sistem imun spesifik (adaptif/diperoleh). Sistem imun nonspesifik merupakan pertahanan tubuh terdepan dalam melawan mikroorganisme. Disebut nonspesifik karena tidak ditujukan terhadap mikroorganisme tertentu.
Yang termasuk dalam sistem imun nonspesifik adalah :
  1. Pertahanan fisik: Kulit, selaput lendir, silia saluran pernapasan.
  2. Pertahanan kimia: Bahan yang dihasilkan selaut lendir, kelenjar lemak kulit, asam lorida dalam cairan lambung, dan lain-lain.
  3. Pertahanan humoral, terdiri dari zat-zat yang disebut komplemen dan interferon

Sistem imun spesifik dapt bekerja sendiri untuk mrnghancurkan benda asing yang berbahaya, tapi umumnya terjalin kerjasama yang baik antara beberapa zat dan sel. Sistem ini mempunyai kemampuan untuk mengenali benda asing.
Respon imun dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

1. Respon Humoral
Respon humoral menghasilkan zat anti antara lai Immunohemoglobin-M (IgM) dan Immunoglobulin Gamma (IgG). IgM adalah antibod pertama yang timbul ketika terjadi serangan infeksi. Antibodi jenis ini tidak bertahan lama dalam tubuh. IgG adalah kelompok Imunoglobulin yang sering ditemukan dan jumlahnya yan paling mimpah dalam peredaran darah. Keberadaanya dalam tubuh lebih lama daripada IgM.

2. Respon yang diperantarai Sel
Respon yang diperantarai oleh sel sepenuhnya dilakukan oleh sel limfosit. Sel limfosit mampu menghancurkan sel atau organisme asing.
Wanita hamil yang sistem kekebalannya tengah menurun harus sangat berhati-hati dengan mikroba-mikroba penyebab infeksi kongenital yang bisa membahayakan janin. Empat infeksi yang paling sering menyerang janin adalah Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex Virus.*
ahmadhidayat.com Ahmad loves to write. A rare talkative person whose love writing the most. Immunology enthusiast.

Tips Berpikir Seperti FERGUSO

BECANDA DOANG FERGUSO!!! :v …..:v SEKALI-KALI BECANDA FERGUSO!
ahmadhidayat.com
1 sec read

Berterimakasihlah kepada Ramadan!

TIDAK terbayang hidup di Indonesia. Sejak kecil kita disuguhkan berbagai keindahan pesona alam Indonesia. Keindahan alamnya seolah menjadi candu bagi para turis asing untuk...
ahmadhidayat.com
1 min read

Kemajuan Sains Abad Pertengahan

“Sejarah sering berbeda dengan apa yang tertulis dan sejarah yang tertulis kadang tidak menampakkan apa yang benar-benar terjadi.” Ungkapan di atas sangat cocok digunakan...
ahmadhidayat.com
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *